Jurnal Mengajar K13 Kelas 2 Semester 2 Lengkap

Diposting oleh On 9:00 PM

Jurnal Mengajar K13 Kelas 2 Semester 2 Lengkap

Jurnal Mengajar K13 Kelas 2 Semester 2 Lengkap - Seringkali kita mendengar kata jurnal dan apa sebenarnya jurnal itu? Arti jurnal secara umum adalah catatan permanen yang pertama (book of original entry), yang digunakan untuk mencatat kegiatan secara kronologis dengan menyebutkan segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan.

Jurnal Mengajar K13 Kelas 2 Semester 2 Lengkap

Fungsi jurnal meliputi :
  1. Fungsi historis, yaitu jurnal merupakan kegiatan mencatat semua kegiatan secara kronologis atau berurutan sesuai dengan tanggal terjadinya.
  2. Fungsi mencatat, yaitu jurnal merupakan pencatatan yang lengkap terperinci, artinya semua kegiatan dengan sumbernya harus dicatat tanpa ada yang ketinggalan.
  3. Fungsi analisis, yaitu jurnal menganalisis kegiatan untuk menentukan dan sebagai batas kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan.
  4. Fungsi instruktif, yaitu jurnal merupakan perintah yang tercatat dalam buku besar baik yang di sesuai hasil yang dikerjakan.
  5. Fungsi informatif, yaitu jurnal memberikan keterangan kegiatan pembelajaran secara jelas.

Dengan uraian tersebut, maka Jurnal Mengajar K13 Kelas 2 Semester 2 Lengkap adalah sebuah administrasi yang harus disusun guru selain RPP pada saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung di kelas. Namun seringkali hal tersebut banyak diabaikan oleh bapak/ibu guru dikarenakan berbagai alasan, sehingga pada kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai jurnal harian guru kelas atau sering di sebut dengan jurnal kegiatan belajar atau jurnal kegiatan pembelajaran ada pula yang menyebutnya dengan jurnal kegiatan belajar mengajar. 

Jurnal Mengajar K13 Kelas 2 Semester 2 Lengkap

Terlepas dari berbagai sebutan yang berbeda - beda tersebut bahwa makna yang di maksud adalah sama yakni jurnal harian yang diperuntukkan bagi guru kelas agar merekam aktivitas yang dilakukan setiap hari untuk kegiatan arsip dan bersifat tertulis, dokumen sehingga apa yang telah dilaksanakan tercatat dengan baik dalam bentuk administrasi. 

Kurikulum 2013 Edisi 2017
Jurnal mengajar guru kelas 2 K13 semester 2
Hal tersebut dapat dipergunakan sebagai laporan kegiatan maupun laporan pertanggungjawaban kepada pihak terkait seperti Kepala Sekolah dan atau Pengawas Sekolah. Adapun file kali ini adalah jurnal harian untuk guru kelas yang mana dapat digunakan untuk guru kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5 dan kelas 6 Sekolah Dasar yang sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi 2017. File ini dapat diprint out kemudian diperbanyak dan dijilid kemudian diisi setiap hari oleh guru kelas dan setiap akhir bulan diserahkan kepada kepala sekolah untuk ditanda tangani dan sebagai bahan laporan.

Dalam menyusun format jurnal mengajar masing-masing guru mempunyai kreativitas sendiri, sehingga dapat kami ulas bahwa Jurnal Mengajar K13 Kelas 2 Semester 2 Lengkap, sehingga memudahkan guru untuk mempersiapkan pembelajaran di kelas. format jurnal harian dapat pula disusun seperti di bawah ini:
  1. Hari/Tgl 
  2. Mata Pelajaran
  3. Tema/Sub Tema/Bab
  4. Pembelajaran Ke
  5. Kompetensi Dasar
  6. Materi Pokok
  7. Kegiatan Pembelajaran
  8. Penilaian Pembelajaran 
Sekilas begini bentuk Jurnal Mengajar K13 Kelas 2 semester dan berlaku untuk setiap pertemuan:

REKOMENDASI JUGA: ADMINISTRASI KK 2006 SD/MI SUPER LENGKAP
Lebih jelas dan lengkap berikut merupakan contoh lengkapnya, dan apabila file ini memang sudah sesuai dengan kebutuhan hanya dengan mengedit berbagai data yang diperlukan. Serta apabila file ini kurang bermanfaat silahkan kita selalu saling berbagi

Jurnal mengajar Kelas 2 SD Smt 2 -K13-Rev-2017.xlsx

Demikian tadi file Jurnal Mengajar K13 Kelas 2 Semester 2 Lengkap sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi 2017. Semoga apa yang dibagikan dapat memberi manfaat bagi yang memerlukan. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terimakasih.
kami sangat berterima kasih kepada yang terhormat Pak Jajang Solaeman yang selalu bekerjasama
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »