Download - KKM Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Diposting oleh On 8:34 PM

Kurikulum 2013 (K-13) mulai diterapkan kembali secara keseluruhan di kelas 1 dan 4 Sekolah Dasar (SD/MI) mulai tahun pelajaran 2017/2018, namun tidak kalah pentingnya bahwa sekolah yang menjadi unggulan di masing-masing kabupaten dilanjutkan lagi menjadi kelas 1, 2, 4, dan kelas 5. 


Dalam penyusunan Buku Guru (BG) dan Buku Siswa (BS) juga mengalami perubahan atau revisi di tahun 2016, sehingga dapat dikategorikan bahwa Kurikulum 2013 telah mengalami perubahan mulai dari Buku Guru, Buku Siswa, sistem penilaian dan masih banyak lagi kiranya yang perlu dibenahi.

Suatu misal dalam penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) bahkan bisa diungkakan menjadi Kriteria Ketuntasan Belajar Mengajar (KKBM) juga telah direvisi, yang dulu Kriteria Ketuntasan Minimal mengacu sampai dengan Indikator dan KKM pada Muatan Pelajaran, mulai tahun ini KKM mengacu pada Satuan Pendidikan (KKM Sekolah).
Cara menentukan KKM tahun 2017 adalah;
KKM diamblkan dari KKM Kompetensi Dasar (KD) pada masing-masing Muatan Pelajaran (Mupel) maupun masing-masing Mata Pelajaran (Mapel). Dari KKM Mata Pelajaran dan Muatan Pelajaran tersebut diambil KKM yang terendah, kemudian digabungkan dengan KKM Kelas lainnya. Setelah masing-masing KKM kelas, maka kita ambil KKM Kelas yang terendah juga, dan setelah terjadi kata sepakat yang dirapatkan oleh dewan guru bersama komite maka KKM Sekolah diambil dari KKM terendah dari kelas yang menggunakan Kurikulum 2013 (K-13) tersebut.

Dari uraian singkat kami di atas kiranya dapat disimpulkan masing-masing Kompetensi Dasar (KD) harus dibuat KKM yang nantinya akan masuk pada KKM Mata pelajaran maupun Muatan pelajaran, oleh sebab itu untuk menyusun KKM Kelas 4 Kurikulum 2013 revisi terbaru 2017 dapat didownload pada menu berikut ini.

Link Download Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) TP. 2017/2018 Revisi Terbaru 2016

Demikian ulasan singkat tentang KKM Kelas 4 Kurikulum 2013 revisi terbaru 2017 semoga dengan kami rilis secara lengkap ini dapat dipergunakan sebagai bahan kelengkapan administrasi bapak/ibu guru sekolah dasar.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »